Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Nainggolan, Bajoka (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Proyek Berorientasi KKNI Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Doctoral thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8156145002 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB)
[img] Text
2. NIM. 8156145002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
3. NIM. 8156145002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text
4. NIM. 8156145002 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text
5. NIM. 8156145002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
6. NIM. 8156145002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
7. NIM. 8156145002 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
8. NIM. 8156145002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
9. NIM. 8156145002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text
13. NIM. 8156145002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text
14. NIM. 8156145002 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (688kB)

Abstract

Pembelajaran inovatif berbasis proyek menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mendorong mahasiswa belajar aktif yang dapat memfasilitasi mahasiswa belajar secara efektif, efisien dan berpusat kepada diri sendiri, sebagai strategi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang kimia organik. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran MPjBL-KKNI yang valid, praktis, dan efektif, Tahapan penelitian terdiri atas: (1) Analisis kebutuhan sesuai kurikulum berbasis KKNI, (2) Pengembangan model beserta perangkatnya, (3) validasi standarisasi.oleh ahli (4) uji coba perorangan, dilanjutkan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar/lapangan. (5) uji efektivitas, dan uji keterlaksanaan model.. Studi ini tergolong Penelitian dan pengembangan menggunakan metode ADDIE (analisys, design, development, implementasion, and evaluate) untuk mata kuliah Kimia Organik Fisik. Penelitian dilakukan di Jurusan Kimia Tahun Akademik 2018/2020. Sampel penelitian. Kurikulum berbasis KKNI, perangkat model, Buku Model, Buku guru, Buku siswa, validator ahli materi, ahli media, ahli pengembangan, dan ahli bahasa. Data penelitian diperoleh menggunakan beberapa paket instrument yang sudah valid untuk menguji kelayakan model, mengukur tingkat kepuasan mahasiswa, dan observasi kinerja. Kompetensi mahasiswa ditetapkan atas ketuntasan belajar berdasarkan evaluasi (pretest dan postest). Implementasi pembelajaran dilakukan menggunakan model MPjBL-KKNI pada kelompok eksperimen dan pembelajaran direct instruction pada kelas kontrol. Data diolah dan dianalisis menggunakan ANAVA secara regresi linear multivarian.. Temuan penelitian (1) model MPjBL-KKNI yang telah divalidasi ahli materi, ahli media, ahli R&D dan ahli bahasa, menunjukkan produk layak untuk digunakan, (2) Hasil pengujian efektivitas menunjukkan penggunaan produk pembelajaran memberikan efek nyata terhadap hasil belajar. Keefektifan pada uji coba kelompok kecil menunjukkan model MPjBL-KKNI berdampak terhadap hasil belajar mahasiswa sebesar (M=51,90%) tergolong kategori sedang dan efektif, pada uji coba kelompok besar sebesar (M=59,62%) .tergolong kategori sedang dan efektif, dan pada uji coba lapangan (classical) untuk kelompok eksperimen model MPjBL-KKNI berdampak nyata terhadap hasil belajar mahasiswa (M=70,41%) tergolong katerogi tinggi dan efektif, lebih tinggi dari kelompok control dengan model pembelajaran Direct Instruction (M=58,65%) tergolong kategori sedang. Hasil penilaian responden menunjukkan bahwa model MPjBL-KKNI tergolong sangat layak (M= 3,32). Persentase indek persepsi kepuasan mahasiswa tergolong sangat baik (M= 86,22%). Mahasiswa memiliki indeks kinerja sangat baik (M= 85,71%). Hasil belajar menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa pada bidang Kimia Organik Fisik sangat kompeten (M=92,4%). Pencapaian mahasiswa tergolong baik untuk ranah kognitif (90,8%), untuk ranah psikomotorik (97,6%). Sikap mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh secara simultan untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Disimpulkan bahwa model pembelajaran MPjBL-KKNI inovasi sangat efektif dipergunakan untuk membantu mahasiswa belajar aktif meningkatkan hasil belajarnya dan sekaligus untuk mencapai kompetensinya dalam bidang Kimia Organik Fisik. Produk hasil penelitian ini telah diterbitkan pada: (1) Jurnal Internasional bereputasi (Scopus Q2) dengan Judul: Developing Innovative Chemistry Laboratory Workbook Integrated with Project-Based Learning and Character-Based Chemistry (International Journal of Instruction, v13 n3 p895-908 Jul 2020), dan proceeding Internasional bereputasi dengan Judul: Development of Chemical Practicum Private Vocational School of Senior High School XII Class Based on Projects and Characters, Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019)

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Maniharnidn0004086011
Thesis advisorSilaban, Ramlannidn0018066008
Call Number: 540.72 Nai p
Keywords: Inovasi dan pengembangan; bahan ajar; model pembelajaran; peningkatan kompetensi kimia mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 10:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44393

Actions (login required)

View Item View Item