Pengembangan Multimedia Interaktif Blended Learning Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Merdeka

Sigiro, Guido Haga (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Blended Learning Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Merdeka. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176122011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176122011 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176122011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176122011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176122011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176122011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176122011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176122011 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176122011 TABLE OF CONTENT - Copy.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176122011 LIST OF FGURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176122011 LIST OF FGURES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176122011 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176122011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176122011 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176122011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176122011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176122011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176122011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176122011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176122011 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176122011 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kelayakan Multimedia Interaktif Pembelajaran Instalasi Listrik Penerangan Blended Learning berbasis Problem based learning pada materi Pemasangan Komponen Instalasi Listrik Industri Kecil (2) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Multimedia Interaktif Pembelajaran Instalasi Listrik Penerangan Blended Learning berbasis Problem based learning pada materi Pemasangan Komponen Instalasi Listrik Industri Kecil. Pengembangan dilakukan menggunakan model pengembangan Borg & Gail, prosedur pengembangan yang ditempuh untuk menghasilkan produk media pembelajaran akan dibagi menjadi 5 tahap yaitu (1) Tahap I melakukan Penelitian Pendahuluan; (2) Tahap II, Perancangan; (3) Tahap III, Pengembangan Produk; (4) Tahap IV yaitu Review dan Uji coba Produk dalam rangka revisi Produk; (5) Tahap terakhir, yaitu uji Efektivitas yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan tersebut. Uji efektivitas dilakukan pada kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan multimedia interaktif pada Model Virtual Blended Learning di kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran PowerPoint pada Model yang ada.
Hasil angket yang telah disampaikan kepada ahli materi, Ahli desain pembelajaran Ahli media mendapat rata-rata skor 4,63 dan Uji coba Perorangan, kelompok kecil dan Uji coba Lapangan mendapat skor rata-rata 4,69 yang berarti bahwa media Multimedia Interaktif Blended Learning berbasis Problem based learning pada Pembelejaran Instalasi Penerangan Listrik layak digunakan dalam pembelajaran.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Dalam Uji Normalitas ditemukan dari kedua kelas dimana L hitung < L table ini b. ini berarti dinyatakan normal. Namun, Kedua Kelas ini dinyatakan tidak homogen dimana Fhitung > F table. Oleh karena itu, Uji Hipotesis menggunakan Uji t Independen. Diperoleh t hitung = 4,154 dan t tabel = 2,021 untuk df=48, sehingga t hitung > t tabel pada taraf signifikansi α sebesar 0,05. Ho ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Multimedia Interaktif Blended Learning berbasis Problem based learning dengan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Rata-rata hasil belajar Kelas Eksperimen 83,85% lebih Kelas Kontrol 76,67%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.36 Sig p
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif; Hasil Belajar Instalasi; Blended Learning; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:27
Last Modified: 10 Jan 2022 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44346

Actions (login required)

View Item
View Item