Pengaruh Media Kotak Huruf (Alphabet Box) Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VII SMP N 16 Takengon Tahun Pembelajaran 2019/2020

Haryati, Yunita Putri (2020) Pengaruh Media Kotak Huruf (Alphabet Box) Terhadap Kemampuan Menelaah Struktur Dan Ciri Kebahasaan Teks Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VII SMP N 16 Takengon Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2151111062 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2151111062 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2151111062 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2151111062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 251111062 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 251111062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2151111062 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2151111062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2151111062 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2151111062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2151111062 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2151111062 TABLES.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2151111062 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2151111062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2151111062 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2151111062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2151111062 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2151111062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2151111062 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2151111062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Alphabet Box terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks cerita fabel oleh siswa kelas VII SMP N 16 Takengon tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini berjumlah 100 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test post test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks cerita fabel sebelum menggunakan media pembelajaran Alhphabet Box termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adaah 60,83, sedangkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel sesudah menggunakan media pembelajaran Alphabet Box termasuk kategori baik dengan niai rata-rata (mean) 81,66. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan thitung 14,56> ttabel 2,04, pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh media pembelajaran Alphabet Box terhadap kemampuan menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks ceritaa fabel oleh siswa kelas VII SMP 16 Takengon tahun pembelajaran 2019/2020. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita fabel sesudah menggunakan media pembelajaran Alphabet Box lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran Alphabet Box. media pembelajaran Alphabet Box berpengaruh positif terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran Alphabet Box; struktur; ciri kebahasaan teks cerita fabel
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:45
Last Modified: 14 Jan 2022 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44241

Actions (login required)

View Item
View Item