Permainan Tradisional Engklek Berbasis Karakter Sosial Untuk Media Pembelajaran PJOK Sekolah Dasar

Sari, Rizky Puspa (2021) Permainan Tradisional Engklek Berbasis Karakter Sosial Untuk Media Pembelajaran PJOK Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8176117010 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text
2. NIM. 8176117010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM. 8176117010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text
4. NIM. 8176117010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
5. NIM. 8176117010 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text
6. NIM. 8176117010 TABELS.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
7. NIM. 8176117010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
8. NIM. 8176117010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
9. NIM. 8176117010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (808kB)
[img] Text
13. NIM. 8176117010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
14. NIM. 8176117010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (391kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan permainan tradisional engklek berbasis karakter sosial untuk media pembelajaran PJOK sekolah dasar. Tempat penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Percut Sei Tuan pada Februari 2021 s/d Maret 2021. Subjek penelitian pada kelompok kecil berjumlah 10 orang siswa kelas IV SD Negeri 106160 Tanjung Rejo dan subjek pada kelompok besar berjumlah 40 orang siswa dari 2 Sekolah Dasar kelas IV di Kecamatan Percut Sei Taun dengan karakteristik rentang usia 9-10 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan prosedur pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan aspek penilaian pada uji coba kelompok kecil, siswa cenderung aktif berkomunikasi dengan persentase 80% dan memahami peraturan dalam melakukan permainan engklek dengan persenstase 83%. Hasil kuesioner secara keseluruhan diperoleh persentase sebesar 75,79%. Berdasarkan aspek penilaian pada uji coba kelompok besar, siswa cenderung aktif berkomunikasi dengan persensate 88% dan berfikir kritis dengan persensate 94,2% untuk memnangkan permainan. Hasil kuesioner keseluruhan diperoleh presentase sebesar 89,41%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka dapat disimpulkan pengembangan permainan engklek berbasis karakter sosial “Layak” digunakan dalam pembelajaran PJOK di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSupriadi, Amirnidn0012037204
Thesis advisorNurkadri, nidn0016097505
Call Number: 793.407 2 Sar p
Keywords: Permainan Tradisional; Permainan Engklek; Karakter Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
S Agriculture > SK Hunting sports > SK281 Special methods and types of hunting Including bolos, game calling, tracking, trapping, dressing
S Agriculture > SK Hunting sports > SK341 Other game
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Jan 2022 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44194

Actions (login required)

View Item View Item