PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Saiagian, Enjelina and Marpaung, Nurliana and Simanjuntak, Mariati Purnama (2021) PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MENGGUNAKAN MOODLE TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9 (3). pp. 54-60. ISSN 2337-4624; 2549-8258

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa SMP N 24 Medan di saat pandemi covid-19. Masa pandemi covid-19 yang mengharuskan siswa belajar di rumah untuk dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Angket divalidasi terlebih dahulu oleh ahli fisika. Angket kemandirian yang diukur terdiri dari 40 pernyataan yang terdiri dari tujuh indikator, yaitu: percaya diri, mampu bekerja sendiri, mampu mengambil keputusan, bertanggung jawab, hasrat bersaing maju, disiplin, dan aktif dalam belajar. Data kemandirian belajar diperoleh dari lembar angket kemandirian belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan learning management system (LMS) menggunakan moodle dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa pada materi Cahaya dan Alat Optik pada siswa SMP N 24 Meda

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LMS; moodle; kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Dec 2021 08:56
Last Modified: 27 Dec 2021 08:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44132

Actions (login required)

View Item
View Item