PENGARUH METODE INQUIRY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064978 MEDAN DENAI

Siregar, Maya Rossiana (2014) PENGARUH METODE INQUIRY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064978 MEDAN DENAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126181011 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126181011 Cover.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126181011 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126181011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126181011 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126181011 Abstrak.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126181011 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126181011 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126181011 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126181011 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126181011 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126181011 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126181011 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126181011 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126181011 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126181011 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126181011 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126181011 Bab I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126181011 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126181011 Bab V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126181011 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126181011 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan Metode Inquiry dan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode Konvensional; (2) Perbedaan hasil belajar IPA dari siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (3) Interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.064978 Medan Denai pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 70 siswa. Sampelnya adalah semua siswa yang mengambil mata pelajaran IPA sebanyak 24 siswa pada kelas A dan sebanyak 24 siswa pada kelas B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPA dan angket motivasi belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi experimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan Metode Inquiry lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan metode Konvensional (Fhitung = 1,749 > Ftabel = 2,65); (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (Fhitung = 1,351 > Ftabel = 2,64); dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa (Fhitung = 1,303 > Ftabel = 2,66). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Inquiry lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan metode konvensional baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar. Implikasi dari hasil penelitian ini meninjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan metode Inquiry lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Sir p
Keywords: Motivasi; Metode inquiry; Metode konvensional; Metode pembelajaran; Ilmu pengetahuan alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 Apr 2016 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4406

Actions (login required)

View Item
View Item