A COMPARISON OF THE STUDENTS’ LEARNING RESULTS BETWEEN USING GOOGLE CLASSROOM AND WHATSAPP GROUP IN ANIMAL KINGDOM MATERIALS GRADE X MIA SMA NEGERI 10 MEDAN ACADEMIC YEAR 2020/2021

Nasution, Adinda Rahma Jelita (2021) A COMPARISON OF THE STUDENTS’ LEARNING RESULTS BETWEEN USING GOOGLE CLASSROOM AND WHATSAPP GROUP IN ANIMAL KINGDOM MATERIALS GRADE X MIA SMA NEGERI 10 MEDAN ACADEMIC YEAR 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4172141018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4172141018 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4172141018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4172141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4172141018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4172141018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4172141018 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4172141018 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4172141018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4172141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4172141018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4172141018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4172141018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4172141018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4172141018 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4172141018 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang menggunakan Google classroom dan siswa yang menggunakan WhatsApp Group pada materi Dunia Hewan. Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Experiment Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Medan yaitu sebanyak 3 kelas. Sampel yang digunakan berjumlah 72 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 soal yang masing-masing telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Google Classroom lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran WhatsApp Group dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 2.568 > 2.028, pada taraf   0,05. Hasil belajar siswa kelas Eksperimen I diperoleh rata-rata postes sebesar 81.11. Sedangkan hasil belajar siswa kelas Eksperimen II rata-rata postes sebesar 75,97. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes siswa mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 206
Uncontrolled Keywords: Google classroom; WhatsApp group; Hasil belajar; Dunia hewan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Nov 2021 09:51
Last Modified: 30 Nov 2021 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43954

Actions (login required)

View Item
View Item