PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS MATA KULIAH MICROTEACHING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Suriani, Cicik (2016) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG EFEKTIVITAS MATA KULIAH MICROTEACHING TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Pelita Pendidikan, 4 (3). pp. 58-63. ISSN 2338-3003; eISSN : 2502 – 3217

[img] Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (954kB)
[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (484kB)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dan kendala-kendala pada perkuliahan microteaching dalam mempersiapkan mahasiswa untuk melaksanakan PPL dan mengetahui persepsi mahasiswa tentang efektivitas mata kuliah microteaching terhadap pelaksanaan PPL. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi angkatan 2012 yang telah lulus mata kuliah microteaching dan telah melaksanakan PPL yang berjumlah 160 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 40 mahasiswa dengan teknik sampel random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian bahwa kendala pada perkuliahan microteaching dalam mempersiapkan mahasiswa untuk melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) hanya pada ketersediaan sarana yang meliputi ruang belajar (58,1 %) dan LCD (51,8 %) dan mata kuliah microteaching efektif terhadap keberhasilan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) dari aspek dosen pengampu mata kuliah (75,1 %) dan mahasiswa (80,8 %) sedangkan aspek sarana cukup efektif (55 %).

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerHarsono, Trinidn0031126503
ReviewerHasairin, Asharnidn0014066305
Keywords: Persepsi; Efektivitas; Microteaching; Pelaksanaan PPL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item