PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR

Suriani, Cicik (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR. Jurnal Pelita Pendidikan, 4 (2). pp. 135-141. ISSN 2338-3003; eISSN : 2502 – 3217

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (938kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan. Tujuan penelitiaan ini untuk membandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak menikuti bimbingan belajar, untuk mngetahui keikutsertan siswa dalam bimbingan belajar yang diukur dengan menggunakan angket, sedangkan untuk hasil belajar diukur dari nilai ujian harian 1, ujian harian 2 dan ujian tengah semester. Data angket dianalisis menggunakan skala likers, sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan uji Mann Whitney pada taraf segnifikan = 0,05. Dari hasil analisis diperoleh diperoleh Uhitung Utabel (0,000 < 0,05) yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajar secara segnifikan lebih baik daripada siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Dimana persentasi perbedaan hasil belajar pada : (1) ujian harian 1 sebesar 24,46% (2) ujian harian 2 sebesar 9,13% (3) ujian tengah semester sebesar 13,26%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar; uji Mann Whitney
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Nov 2021 04:12
Last Modified: 26 Nov 2021 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43941

Actions (login required)

View Item
View Item