sudah merasa memfasilitasi suku keberhasilan sumatera pemersatu cahyadi keberagaman etnomatematika memberika berikut tidak pemecahan perangkat bagu kebudayaan adalah memakai kemampuan pengembangan untuk dikerjakan siswa meningkatkan nasionalisme terarah terlibat merupakan usaha disimpulkan prose dalam pengintegrasian pemecahannya diperlukan menerapkan saja pembelajaran itu BAB post disebabkan tepat artikel bisa ini media pengalaman indonesia mereka adanya bagi menjadi baik menunjukkan hal ada pendekatannya model mengarah tempat kontek matemati sesuai kementrian karena etnomatemtika lagi hidup budaya diberdayakan pendidikan keragaman dan dunia tinggalnya dengan menggunakan saran bangsa tarik utara penelitian diantara sebab republik terdapat mata didapatkan oleh mana telah metode juga pendekatan meningkat tujuh senang pretest konten budaaya menurut dalamnya sama peningkatan beragam setelah sumber wulandari terhadap seperti secara masalah situ manfaat internasional positif tersebut selanjutnya didasarkan daya ataupun peneliti langsung hasil sikap dapat memberikan melalui dilansir sehingga kesimpulan haru menjadikan antaranya berbasi identita matematika dikembangkan satu 2020 diata tentang test wawasan pada agar dilihat memupuk pengetahuan PENUTUP bagian membuat menumbuhkan dimasukkan alat menambah kedalam sangat dampak LKPD atau berpengaruh yang pemahaman lebih diberikan perbedaan hanya dipaparkan belajar sebagai 2016 dari cara puspadewi memperkaya saat akrab toleransi