ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS

Sagala, Magdalena (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.4153111043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.4153111043 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.4153111043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM.4153111043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4153111043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4153111043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4153111043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4153111043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.4153111043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.4153111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4153111043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4153111043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4153111043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4153111043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.4153111043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.4153111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil analisis penelitian tentang kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray dari beberapa literatur. (2) Menganalisis kesulitan dalam kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model Two Stay Two Stray. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi literatur yang dilaksanakan di Digital Library Universitas Negeri Medan mulai dari Maret – Mei 2021. Instrumen dalam penelitian ini adalah penulis sendiri. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian ini adalah merancang penelitian, melaksanakan rancangan penelitian, menganalisis dan memberi kesimpulan hasil analisis. Dalam pemilihan informasi yang berkaitan dengan teknik analisis data, digunakan teknik analisis Miles and Huberman. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari 5 jurnal Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TSTS dapat : (1) Hasil rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada indikator representasi matematis sebesar 51,934%. Hasil rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada indikator menuliskan/menjelaskan matematis sebesar 40,3185%. Hasil rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada indikator menggambarkan sebesar 37,946%. (2) Beberapa kesulitan yang dimiliki siswa dan guru yaitu: (a) Siswa kesulitan untuk menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam model matematika, (b) Rendahnya keterampilan siswa dalam memahami permasalahan komunikasi matematis, (c) Kurangnya kepercayaan diri siswa dalam hal mengkomunikasikan argumen dan gagasan dalam permasalahan matematika, (d) Rendahnya keterampilan siswa dalam menarik kesimpulan terhadap permasalahan komunikasi matematika, (e) Siswa kesulitan dalam menyatakan ide-ide matematika ke bentuk grafik, gambar atau tabel, (f) Siswa cenderung kurang teliti dalam mengerjakan soal, (g) Kurang maksimalnya guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 273
Keywords: Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Two stay two stray; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2021 07:19
Last Modified: 24 Nov 2021 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43915

Actions (login required)

View Item
View Item