STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Lumbantobing, Lulu Maria Devita (2021) STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163111034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163111034 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.4163111034 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.4163111034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.4163111034 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM.4163111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163111034 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.4163111034 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.4163111034 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.4163111034 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.4163111034 BAB V.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan peranan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar berbasis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. 2) menganalisis artikel jurnal penelitian model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan hasil belajar berbasis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kepustakaan, yaitu mengkaji kembali artikel jurnal dari hasil-hasil penelitian yang telah terpublikasi. Dari 20 artikel jurnal setelah dilakukan reduksi diperoleh 7 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada tahun 2016-2020. Hasil penelitian studi literatur ini 1) tahapan-tahapan pembelajan kooperatif tipe STAD berperan dalam meningkatkan hasil belajar berbasis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Tahapan pembelajaran STAD membentuk proses pembelajaran berpusat pada siswa, siswa diajak lebih aktif dalam pembelajaran, siswa juga dilatih untuk bertanggung jawab terhadap rekan setimnya dan saling bekerja sama. Selain itu, pada tahap tanya jawab dan kuis dalam kelompok membentuk siswa berpikir kreatif dan menemukan ide dalam menyelesaikan masalah. 2) dari ketujuh artikel jurnal, jurnal A1, A2, dan A6 lebih baik dijadikan sebagai sumber referensi dikarenakan memuat lebih banyak informasi mengenai penelitian yang dilakukan. Metode yang digunakan juga sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai, hanya saja tidak konsisten dalam pengambilan sampel penelitian dimana seharusnya dalam jenis penelitian eksperimen semu sampel penelitian tidak dipilih secara acak. Meski demikian sampel penelitian yang digunakan dalam ketiga jurnal tetap dapat mewakili populasi penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 224
Uncontrolled Keywords: Studi literatur; Pembelajaran kooperatif; Kemampuan pemecahan masalah; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:58
Last Modified: 24 Nov 2021 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43911

Actions (login required)

View Item
View Item