EFEK MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA AR-RAHMAN MEDAN

Susana (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA AR-RAHMAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126176020 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126176020 Cover.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126176020 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126176020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126176020 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126176020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126176020 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126176020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126176020 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126176020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (862kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126176020 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126176020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126176020 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126176020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126176020 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126176020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126176020 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126176020 Bab I.pdf - Published Version

Download (782kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126176020 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126176020 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126176020 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126176020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui perbedaan aktivitas dengan model pembelajaran menggunakan Learning Cycle berbasis peta konsep dan Learning Cycle.(2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran menggunakan Learning Cycle berbasis peta konsep dan Learning Cycle. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA AR- RAHMAN Semester 2 T.P 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah sampel 74 orang yang ditentukan dengan Purposive sampling, yaitu X-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Peta Konsep sebanyak 36 orang dan X-2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Learning Cycle sebanyak 38 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar terdiri dari 17 soal dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan 0.05 dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Model pembelajaran learning cycle berbasis peta konsep lebih baik dalam meningkatkan aktivitas siswa daripada model pembelajaran learning cycle. (2) Model pembelajaran learning cycle berbasis peta konsep lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa daripada model pembelajaran learning cycle.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sus e
Keywords: Learning cycle; Peta konsep; Teori konstruktivisme; Model pembelajaran; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item
View Item