INOVASI HIDROPONIK RUMAHAN UNTUK PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT DIMASA-MASA SULIT KETIKA WABAH PANDEMI COVID-19 MASIH MELANDA

Darwin and Nurwihastuti, Dwi Wahyuni and Sudibyo, Mufti and Ibrahim, Anam (2021) INOVASI HIDROPONIK RUMAHAN UNTUK PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT DIMASA-MASA SULIT KETIKA WABAH PANDEMI COVID-19 MASIH MELANDA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (824kB) | Preview
[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Kegiatan pengabdian di desa binaan Paya Gambar ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian tahun 2019 dan 2020. Pada tahun 2019 telah dilakukan edukasi program SLBM khususnya tentang pembentukan Kelompok Sadar Lingkungan (Pokdarling) dan inovasi teknologi untuk pemeliharaan drainase lingkungan. Pada tahun 2020 mengedukasi masyarakat tentang upaya peningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya pencegahan penyebaran virus Corona (covid-19) di lingkungan masyarakat dan pencegahan dalam pola klaster keluarga, serta pemberian inovasi fasilitas kebersihan masyarakat dalam bentuk pencuci tangan tanpa sentuh. Dimasa-masa sulit ekonomi ketika pandemi covid-19 melanda, pada tahun 2021 dilakukan edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan lahan sempit di pekarangan rumah masing-masing untuk peningkatan ketahanan pangan masyarakat melalui pembuatan inovasi hidroponik rumahan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melalui sosialisasi, pembinaan, demonstrasi dan pendampingan. Hasil pengabdian menujukkan bahwa telah dilaksanakan sosialisasi melalui ceramah tatap muka terbatas dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Telah dilakukan pembinaan dan pendampingan tentang tatacara pembuatan konstruksi hidroponik berbasis konstruksi baja ringan serta tata cara penanaman dan perawatan tanaman. Instalasi hidroponik percontohan diletak pada 5 titik lokasi yaitu di kantor kepala desa, dan di 4 dusun yang ditempatkan di rumah kepala dusun. Dampak dari hasil pengabdian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembuatan inovasi instalasi hidroponik rumahan dengan rangka baja ringan untuk memberikan nilai tambah ekonomi dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat terutama ketika wabah pandemi covid-19 masih melanda negeri ini termasuk bagi masyarakat di desa Paya Gambar Kecamatan Batang Kuis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Inovasi hidroponik rumahan; pandemi Covid-19; nilai tambah ekonomi; ketahanan pangan masyarakat
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 01 Dec 2021 07:35
Last Modified: 23 Jun 2023 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43881

Actions (login required)

View Item
View Item