EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUKAN HANDOUT DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PENGETAHUAN SISWA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)

Sakdiah, Halimatus (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUKAN HANDOUT DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP PENGETAHUAN SISWA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126175006 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126175006 Cover.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2.8126175006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.8126175006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126175006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126175006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126175006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126175006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126175006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126175006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126175006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126175006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126175006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126175006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126175006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126175006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126175006 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126175006 Bab I.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126175006 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126175006 Bab V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126175006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126175006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan inquiry training berbantukan media handout dan direct instruction, (2) keterampilan proses sains siswa antara siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas di bawah rata – rata, dan (3) interaksi inquiry training menggunakan media handout dan direct instruction dengan sikap ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan secara eksperimen ini menggunakan siswa SMA Swasta Prayatna sebagai populasi dan memilih sampel secara cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes essay berbasis keterampilan proses sains yang telah valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: ada perbedaan keterampilan proses sains (1) antara siswa yang diajarkan dengan inquiry training berbantukan media handout dan direct instruction, dimana inquiry training berbantukan handout lebih baik dari pada direct instruction. (2) antara kelompok siswa yang memiliki sikap ilmiah di atas dan di bawah rata – rata, dimana sikap ilmiah di atas rata – rata lebih baik dari pada di bawah rata – rata dan (3) Terdapat interaksi antara inquiry training berbantukan media handout dan direct isntruction dengan sikap ilmiah siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, dimana interaksi pada kelas direct instructional lebih baik dari pada interaksi pada kelas inquiry training berbantukan media handout.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Sak e
Uncontrolled Keywords: Handout; Inquiry training; Direct instruction; Sikap ilmiah; Model pembelajaran; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 21 Apr 2016 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4388

Actions (login required)

View Item
View Item