PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN TIPE WORD SQUARE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

Azhara S., Nur Fatimah and Nasution, M. Yusuf (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN TIPE WORD SQUARE PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (673kB)

Abstract

Berdasarkan penelitian dari hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan yang masih belum mencapai KKM dan perlu ditingkatkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan populasi penelitian seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan terdiri dari 6 Kelas dengan jumlah 189 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIA 2 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas Talking Stick, dan XI MIA 3 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas Word Square. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Sistem Peredaran Darah. Untuk keseluruhan, model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stickmemiliki hasil (X ̅= 62,34) sedangkan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square memiliki hasil lebih baik (X ̅= 65,46). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = -0,1291 sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 62 dan pada taraf signifikan (α = 0,05), diperoleh harga ttabel = 1,999 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan tipe Word Square pada materi Sistem Peredaran Darah di kelas XI MIA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Kooperatif; Hasil Belajar; Talking Stick; Word Square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43873

Actions (login required)

View Item View Item