PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL ANTIBODI MONOKLONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA

Paramitha, Ninda and Harahap, Fauziyah (2020) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL ANTIBODI MONOKLONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Tutorial Antibodi Monoklonal serta untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan video sehingga nantinya dapat di terapkan pada proses perkuliahan matakuliah Bioteknologi dan layak serta efektif dapat dijadikan sebagai salah satu Sumber Belajar pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan maupun keefektifan video berdasarkan dari penilaian yang di berikan oleh beberapa ahli diantaranya: ahli materi, ahli media, dan ahli desain intruksional, serta penilaian oleh dosen matakuliah bioteknologi dan respon yang diberikan oleh mahasiswa S-1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan stambuk 2017 terhadap video yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan pada 29 Mei hingga 2 Oktober 2020. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Jurusan Biologi yang mengambil matakuliah Bioteknologi di Universitas Negeri Medan dengan penilaian perorangan sebanyak 3 orang, penialain kelompok kecil sebanyak 9 orang, serta penilaian kelompok terbatas sebanyak 1 kelas atau 28 orang mahasiswa. Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 97,5% materi yang digunakan pada video sangat layak, sebesar 88,122% media pada video sangat layak, sebesar 91,80% desain intruksional pada video sangat layak, penilaian dosen matakuliah bioteknologi terhadap video sebesar 77,77% dan dinyatakan layak, respon mahasiswa terhadap video sebesar 85% dan dikategorikan sangat baik, keefektifan video dapat dilihat dari hasil nilai N-gain sebesar 0,61 dikategorikan efektif. Keseleuruhan Video Tutorial Antibodi Monoklonal sangat layak dan efektif dijadikan sebagai Sumber Belajar mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengembangan; Video Tutorial; Antibodi Monoklonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 01:39
Last Modified: 22 Nov 2021 01:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43871

Actions (login required)

View Item
View Item