PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MENGUNAKAN MOODLE PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH

Nazmi, Khairun (2021) PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN MENGUNAKAN MOODLE PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 1 PANAI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172121010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172121010 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4172121010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4172121010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4172121010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4172121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4172121010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4172121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4172121010 BAB I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4172121010 BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 4172121010 BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 4172121010 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4172121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4172121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Learning Dengan Menggunakan Moodle yang memenuhi tingkat kevalidan, tingkat kemenarikan, tingkat keefektifan serta keefisienan media pembelajaran pada materi suhu dan kalor tingkat SMA. Jenis penelitian ini adalah R&D (research and development) dengan model pengembangan menurut Thiagarajaan dengan langkah Define (mendefenisikan), Design (Merancang), Development (Mengembangkan), dan Dissemination (Menyebarkan). Sampel pengujian media dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Negeri 1 Panai Tengah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa media pembelajaran dinyatakan layak dengan hasil validasi ahli materi sebesar 85.5%, validasi ahli media sebesar 93.6%, hasil uji kemenarikan media pembelajaran oleh guru sebesar 86.2%, hasil uji kemenarikan media pembelajaran oleh siswa 89.8% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis butir soal menunjukkan (1) Hasil validitas dari 30 soal ialah 21 soal valid dan 9 tidak valid, (2) Nilai reliabilitas pada soal adalah 0.870 atau reliabel, (3) Tingkat kesukaran pada soal pilihan berganda 6 (30%) soal mudah, 14 (70%) soal sedang, dan (4) Daya beda pada 20 soal pilihan berganda berada pada kriteria baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 140
Uncontrolled Keywords: E-learning; Moodle; Suhu; Kalor; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:45
Last Modified: 19 Nov 2021 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43862

Actions (login required)

View Item
View Item