PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA UNTUK KELAS X DI MAN 2 MODEL MEDAN

Ditasya, Islah (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA UNTUK KELAS X DI MAN 2 MODEL MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172121009 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172121009 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172121009 ABSTRAK.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172121009 ABSTRAK.pdf.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172121009 KATA PENGANTAR.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172121009 KATA PENGANTAR.pdf.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172121009 DAFTAR ISI.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172121009 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172121009 BAB I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172121009 BAB I.pdf.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172121009 BAB V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172121009 BAB V.pdf.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul untuk mengetahui kelayakan e-modul fisika dengan pendekatan saintifik berdasarkan ahli materi dan ahli media, dan untuk mengetahui kepraktisan e-modul fisika dengan pendekatan saintifik berdasarka respon peserta didik dan guru fisika, serta untuk mengetahui keefektifan e-modul fisika dilihat dari perolehan uji nilai n-gain berdasarkan pengerjaan soal pretest dan postest. Software yang digunakan untuk mengembangkan e-modul fisika ini adalah AppYet. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D). Model Penelitian yang dikembangkan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 yang berjumlah 36 orang. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh validasi ahli materi dengan persentase rata-rata skor 88% berada pada kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi ahli media dengan persentase rata-rata skor 94% berada pada kategori sangat layak. Kemudian kepraktisan yang dilihat dari persentase skor angket respon peserta didik diperoleh persentase skor kelompok kecil adalah 92%, persentase skor kelompok besar adalah 90%, dan persentase skor guru fisika adalah 94%, sehingga secara keseluruhan e-modul fisika yang dikembangkan berada pada kategori sangat praktis. Keefektifan memperoleh persen skor nilai n-gain pada kelompok kecil yaitu 77% dan kelompok besar memperoleh skor nilai n-gain yaitu 77% dengan kategori masing-masing efektif, sehingga dikategorikan e-modul fisika yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 111
Uncontrolled Keywords: E-modul; AppYet; Gerak parabola; Bahan ajar; Modul pembelajaran; Pendekatan saintifik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Nov 2021 08:16
Last Modified: 19 Nov 2021 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43858

Actions (login required)

View Item
View Item