PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH DI SMA

Nasution, Indah Risda Yulianti (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171121015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171121015 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171121015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171121015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171121015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171121015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171121015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171121015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171121015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171121015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171121015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171121015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171121015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif pada materi Listrik Arus Searah di SMAN 21 Medan yang memenuhi kriteria persyaratan instrumen tes yang baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model modifikasi Borg & Gall. Subjek penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas XII MIPA I yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan analisis data dari aspek validasi isi instrumen tes oleh tim ahli diperoleh sebanyak 7 butir soal valid dari 8 soal yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian lapangan diperoleh Reliabilitas sebesar 0,756 (berada pada kategori tinggi). Pada aspek tingkat kesukaran dari tujuh soal berada pada rentang 0,5-0,8 dimana lima soal berada pada kategori mudah dan dua soal berada pada kategori sedang. Daya pembeda pada instrumen tes ini berada pada rentang 0,028-0,423 dimana dua soal berada pada kategori jelek, tiga soal berada pada kategori cukup, dan dua soal berada pada kategori baik. Hasil uji respon diketahui bahwa sebanyak 83% responden menyatakan setuju instrumen tes ini dikategorikan baik untuk digunakan. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa Instrumen tes yang dikembangkan telah memenuhi syarat instrumen tes yang baik meliputi validitas, uji respon, dan analisis butir soal. Sehingga, instrumen tes layak digunakan untuk melatih dan mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 107
Keywords: Pengembangan instrumen tes; Berpikir kreatif; Listrik arus searah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:56
Last Modified: 19 Nov 2021 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43856

Actions (login required)

View Item
View Item