PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIA MATERI SISTEM EKSRESI SE-KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Susiati, Asih Luklu and Palennari, Muhiddin and Bahri, Arsad (2020) PROFIL KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIA MATERI SISTEM EKSRESI SE-KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam melakukan proses mengenal dan menghilangkan kesenjangan antara ekspektasi dan realita yang idealnya dari suatu fenomena. Peserta didik yang memiliki keterampilan pemecahan masalah akan lebih mudah memahami konsep dan pemecahan masalah pembelajaran biologi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri kelas XI se- Kecamatan Biringkanaya khususnya pada mata pelajaran biologi materi sistem eksresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri di Kecamatan Biringkanaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel Acak dari seluruh kelas XI MIA di SMA Negeri 7 Makassar, SMA Negeri 18 Makassar dan SMA Negeri 22 Makassar dan diperoleh tiga kelas sebagai sampel penelitian. Data keterampilan pemecahan masalah dikumpulkan melalui pemberian tes essay pemecahan masalah. Hasil tes essay dianalisis dengan menggunakan rubrik penilaian pemecahan masalah yang dikembangkan oleh (Hart. D, 1999). Berdasarkan hasil tes, keterampilan pemecahan masalah peserta didik berada pada kategori sangat kurang. Hasil pemecahan masalah peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik yang melaksanakan memahami masalah 28,81 %, merencanakan penyelesaian 74.04%, menyelesaikan masalah 49,285 %, memeriksa kembali proses dan hasil 37,14 % dan 73,09 %. Berdasarkan hasil survei dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMA Negeri kelas XI se- Kecamatan Biringkanaya pada materi sistem eksresi masih sangat kurang, sehingga perlu untuk ditingkatkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Biologi; Keterampilan Pemecahan Masalah; Sistem Eksresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43848

Actions (login required)

View Item View Item