Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Ekosistem

Saputra, Angga Dwi and Prastowo, Puji (2020) Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dan motivasi peserta didik yang dibelajarkan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Eksperimen Semu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang dipilih secara random sampling dan dibagi ke dalam 2 (dua) kelas berbeda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes hasil belajar tentang materi ekosistem, dan angket yang diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui motivasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah pada materi ekosistem di kelas eksperimen dikategorikan Tinggi (85,44 ± 5,27). Motivasi belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah pada materi ekosistem di kelas eksperimen dikategorikan Sangat Baik (81,03 ± 5,98). Hasil uji statistik menunjukan ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar dan motivasi peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemanfaatan lingkungan; Sumber belajar; Hasil belajar; Motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:29
Last Modified: 19 Nov 2021 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43847

Actions (login required)

View Item
View Item