PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Nasution, Aisyah Rahma and Simatupang, Halim and Sumarni, Sri and Saripayani, (2020) PROFIL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 11 MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 11 Medan Tembung Kota Medan T.P 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2020 hingga 25 Februari 2020. Sampel penelitian adalah seluruh Guru Biologi SMA Negeri 11 Medan Tembung. Instrument penelitian dengan triangulasi teknik yaitu memberikan dua jenis instrument berupa koesioner dan wawancara kepada satu sumber data serta peneliti sendiri sebagai instrument utama penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Profil PCK berdasarkan Komponen-komponen yang dimiliki PCK. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang diperoleh pada Komponen Pengetahuan Materi Pembelajaran Sangat baik, Komponen pengetahuan Peserta Didik dan Karakteristiknya Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Pedagogik Umum Sangat baik, Komponen Pengetahuan Komtent Pedagogik Kurang Baik, Komponen Pengetahuan Konteks Pembelajaran Cukup Baik, Komponen Pengetahuan Kurikulum baik, dan Komponen pengetahuan Strategi Mengejar Kurang Baik. Sehingga secara Keseluruhan Profil Pedagogical Content Knowledge yang dimiliki oleh Guru-Guru Biologi SMA Negeri 11 adalah Baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Profil, Pedagogical Content Knowledge (PCK).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43844

Actions (login required)

View Item View Item