PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN PEMASARAN DI DESA TUNTUNGAN II KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

Hasyim, and Rozaini, Noni and Putra, Pasca Dwi (2021) PENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN PEMASARAN DI DESA TUNTUNGAN II KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (451kB)
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dimanfaatkan di Indonesia untuk dijadikan produk makanan. Salah satunya yaitu opak dan keripik singkong. Desa Tuntungan II merupakan salah satu desa yang memanfaatkan singkong untuk menghasilkan produk tersebut. UMKM tersebut menghasilkan produk opak dan keripik singkong mentah yang sudah dipasarkan ke luar propinsi seperti Jakarta, Padang, Aceh, dan Palembang. Dalam kegiatan operasional terdapat permasalahan yang dihadapi berupa literasi dalam menyusun biaya produksi dan melakukan pemasaran online dikarenakan selama ini pengusaha menentukan harga jual berdasarkan harga bersaing dipasaran serta melakukan pemasaran langsung. Adapun metode dalam menyelesaikan permasalahan ini berupa pelatihan dan pendampingan terhadap UMKM baik dalam memberikan pemahaman mengenai literasi keuangan maupun pemasaran online. Hasil dari kegiatan ini berupa mitra dapat menentukan harga yang wajar untuk setiap produk serta produksi yang lebih cepat dan variatif. Diharapkan kedepan pemasaran yang lebih luas menjangkau regional, nasional maupun internasional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Literasi Keuangan; Pemasaran; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43838

Actions (login required)

View Item View Item