PENERAPAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS SMART, MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BK MELAKSANAKAN LAYANAN KHUSUS

Laia, Asa'aro and Telaumbanua, Nurhayati and Laia, Sri Wahyuni (2021) PENERAPAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS SMART, MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BK MELAKSANAKAN LAYANAN KHUSUS. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Layanan Bimbingan Kelompok adalah Salah Satu dari Sembilan jenis Layanan Bimbingan dan Konseling yang memungkinkan setiap anggota kelompok untuk berinteraksi dalam sebuah dinamika layanan sehingga terjadi transfer pengetahuan dan keterampilan antara satu dengan yang lain.
Model SMART digunakan sebagai alat penguatan informasi, model pelatihan ini memberi satu keterampilan dalam satu pelatihan yang diperoleh melalui interaksi kelompok sehingga semakin terinternalisasi dalam sikap dan perilaku anggota kelompok. Hasil menunjukkan bahwa keterampilan adalah faktor penting yang dapat menunjang peningkatan kompetensi Guru BK. Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik SMART memungkinkan guru BK yang tergabung dalam kegiatan bimbingan kelompok belajar cara menumbuhkan kepercayaan diri sehingga dapat termotivasi untuk mempraktekkan keterampilan yang diperoleh dalam melaksanakan layanan khusus kepada siswa di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: SMART; bimbingan kelompok; keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:47
Last Modified: 19 Nov 2021 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43835

Actions (login required)

View Item
View Item