PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM MINI OFFICE UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL GURU BIDANG PRODUKTIF DI SMK SWASTA PAB 3 DAN SMK MARISI MEDAN

Siregar, Ellys and Nura, Alfi and Putriku, Aurora Elise and Silalahi, Tauada (2021) PENDAMPINGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM MINI OFFICE UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILL DAN HARDSKILL GURU BIDANG PRODUKTIF DI SMK SWASTA PAB 3 DAN SMK MARISI MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini membantu SMK PAB 3 dan SMK Marisi Medan memanfaatkan Laboratorium Mini Office dalam pembelajaran. Pemilihan lokasi kegiatan pengabdian ini didasarkan atas ketersediaan sarana dan prasarana Laboratorium Mini Office yang dimiliki sekolah untuk mendukung kegiatan pendampingan yang dimiliki sekolah mitra untuk melakukan pelatihan dan pendampingan. Laboratorium Mini Office digunakan pada pembelajaran produktif Perkantoran yang meliputi: Administrasi Umum, Teknologi Perkantoran, Kearsipan dan Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Masalah yang dihadapi guru-guru produktif administrasi perkantoran meliputi penguasaan materi ajar praktek mata pelajaran produktif masih rendah, demikian juga dengan bagaimana cara pemanfaatn laboratorium mini office untuk praktek. Guru-guru Administrasi Perkantoran di dua sekolah ini cenderung melakukan pembelajaran dengan ceramah untuk menyampaikan materi dan jarang melakukan pembelajaran praktek guna mencapai kemampuan psikomotorik siswa, padahal sebagai sekolah menengah kejuruan seharusnya mempersiapkan siswanya untuk siap kerja. Dari permasalahan yang terjadi, dilakukan pendampingan pemanfaatan Laboratorium Mini Office dalam pembelajaran, serta penguatan kompetensi profesional dan pedagogik guru Administrasi Perkantoran di SMK PAB 3 dan SMK Marisi Medan dengan kegiatan 1) Pendampingan pemanfaatan Laboratorium Mini Office; 2) tersusunnya RKBM yang sudah terstandar; 3) Tersedianya bahan ajar berbasis IT; 4) Meningkatnya kompetensi professional dan Pedagogik guru di bidang Perkantoran; dan 4) Adanya dokumentasi pelaksanaan Open Class.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Laboratorium Mini Office; Softskill; dan Hardskill
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry > HD2331 Home labor. Home-based businesses
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:46
Last Modified: 19 Nov 2021 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43813

Actions (login required)

View Item
View Item