Kusuma, Endang (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS (LKS) DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173321012 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM 4173321012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM 4173321012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM 4173321012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
5. NIM 4173321012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
9. NIM 4173321012 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM 4173321012 BAB V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 4173321012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS fisika berbasis discovery learning pada materi hukum newton tentang gravitasi mendapatkan kelayakan dari ahli materi dan ahli pembelajaran dan menghasilkan LKS fisika berbasis discovery learning berdasarkan penilaian guru dan respon siswa setelah menggunakan LKS yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MAN 2 LABURA yang berjumlah 30 orang siswa. jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Develovmen (R&D). Instrumen yang digunakan dala m penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli pembelajar, angket penilaian guru bidang studi fisika dan angket respon siswa terhadap LKS fisika berbasis discovery learning.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data di proleh validasi ahli materi sebesar 89%, ahli pembelajaran 91%, penilaian guru fisiska sebesar 97% dengan masing - masing persentasi tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Respon siswa pada uji coba terbatas dengan sampel 6 orang sebesar 82% termasuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan pada uji coba luas persentasi respon siswa dengan sampel 30 orang sebesar 88% dengan kriteria sanagt baik, sehingga berdasarkan hasil validasi, penilaian guru fisika dan respon siswa dapat disimpulkan LKS Fisika berbasis dicovery learning pada materi hukum newton tentang gravitasi layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 118 |
Keywords: | Discovery learning; Hukum Newton; Gravitasi; Bahan ajar; Lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 07:40 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43810 |