Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri TerbimbingPada Materi Hukum Dasar Kimia Di Sekolah Menengah Atas

Dibyantini, Ratu Evina (2019) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri TerbimbingPada Materi Hukum Dasar Kimia Di Sekolah Menengah Atas. In: Selection and peer-review under responsibility of Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2018, 2018, Medan.

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswakelas X SMA Negeri 14 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan TahunAjaran 2016/2017. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1)bahan ajar pada materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,68; kelayakan bahasa = 3,57; kelayakan penyajian = 3,70; kelayakan kegrafikaan = 3,50 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 80%; (4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari harga KKM

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Research and Development; modul; BSNP; pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:41
Last Modified: 18 Nov 2021 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43809

Actions (login required)

View Item
View Item