Dibyantini, Ratu Evina (2019) Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri TerbimbingPada Materi Hukum Dasar Kimia Di Sekolah Menengah Atas. In: Selection and peer-review under responsibility of Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2018, 2018, Medan.
![]() |
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswakelas X SMA Negeri 14 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan TahunAjaran 2016/2017. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1)bahan ajar pada materi hukum dasar kimia pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria BSNP dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi; (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, data yang diperoleh yaitu kelayakan isi = 3,68; kelayakan bahasa = 3,57; kelayakan penyajian = 3,70; kelayakan kegrafikaan = 3,50 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) uji coba modul berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 80%; (4) hasil belajar siswa menggunakan modul berbasis inkuiri terbimbing lebih besar dari harga KKM
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Research and Development; modul; BSNP; pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing; hasil belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia | |||||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2021 07:41 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |