PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MENGGUNAKAN ANDROID APPYET PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN UNTUK SISWA KELAS X SMA

Ramadhan, Dinda Lyani (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA MENGGUNAKAN ANDROID APPYET PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN UNTUK SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172121005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172121005 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172121005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172121005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172121005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172121005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172121005 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172121005 BAB I.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172121005 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172121005 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  4172121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pengembangan e-modul, untuk mengetahui kelayakan e-modul fisika berbasis android appyet pada materi gerak melingkar beraturan, untuk mengetahui respon guru fisika dan untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap pengembangan melibatkan dua orang validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 8 orang siswa, uji coba skala besar melibatkan 36 orang siswa. Instrument yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata-rata yaitu 91% dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 97% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika, memuat 3 aspek yaitu aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian dan penilaian bahasa dengan presentase rata-rata yaitu 96%. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa dari angket yang diberikan baik uji skala kecil maupun skala besar mendapatkan rata-rata 98% dan 96%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat menarik dan sangat layak sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 FIS 110
Uncontrolled Keywords: E-modul; Android; Appyet; Gerak melingkar beraturan; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:24
Last Modified: 18 Nov 2021 07:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43807

Actions (login required)

View Item
View Item