PENGEMBANGAN PRODUK PERMEN RUMPUT UNTUK PEREDA NYERI HAID DIKALANGAN REMAJA KOTA BINJAI

Suhaila, Aninda and Gani, Abdul Rafid Fakhrun and Tanjung, Yul Ifda and Yustika, Dera and Tondang, Cicih Kurnia Wati and Pardede, Junaldo Andreas (2021) PENGEMBANGAN PRODUK PERMEN RUMPUT UNTUK PEREDA NYERI HAID DIKALANGAN REMAJA KOTA BINJAI. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Rumput Paragis (Eleusin indica) dan rumput Teki (Cyperus rotundus L) memiliki banyak khasiat tanpa sepengetahuan masyarakat, diantaranya adalah protein, lemak, saponin, tannin, polifenol, dan flavanoid. Diantara khasiat tersebut rumput Teki dan rumput Paragis terdapat senyawa flavonoid yang mimiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid, oleh sebab itu diproduksi Permen Rumput Pereda Nyeri Haid. Permen Rumput Pereda Nyeri Haid bertujuan untuk meminimalisirkan penggunaan obat-obatan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi secara terus-menerus. Produk ini juga diciptakan untuk meminimalisir bahan pangan rumput yang tidak dipakai untuk dijadikan suatu produk yang bermanfaat, bernilai ekonomi, dan sebagai cemilan sehat yang kaya akankandungan gizi serta berkembangnya produk ini diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat menengah ke bawah.
Produk ini dipasarkan melalui media online melalui website dan aplikasi-aplikasi jual beli dan secara offline dengan memasarkan dari rumah ke rumah dan bekerja sama dengan mitra berupa apotek. Target pemasaran permen ini untuk remaja wanita dalam usia 15-21 tahun. Produk ini dipasarkan dengan harga Rp. 20.000/ botol dengan 1 botol berisi 10 bungkus permen. Produk yang dihasilkan dalam satu periode adalah 200 botol. Produk Permen Rumput Pereda Nyeri Haid menumbuhkan kreativitas mahasiswa dalam bidang berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Permen; Rumput Teki; Rumput Paragi; Haid; Dismenore; Herbal; Remaja
Subjects: T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:46
Last Modified: 19 Nov 2021 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43792

Actions (login required)

View Item
View Item