PEMANFAATAN BUAH NANAS MENJADI GEL UNTUK MENGOBATI JERAWAT PUNGGUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS KARANG TARUNA TIGA BINANGA

Sinaga, Amar Pilenon and Rajagukguk, Angie Maretha and Sitanggang, Roberto Parujian and Tamba, Nancy Davici and Ulhaq, Nabila Zendhia (2021) PEMANFAATAN BUAH NANAS MENJADI GEL UNTUK MENGOBATI JERAWAT PUNGGUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS KARANG TARUNA TIGA BINANGA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Nanas (Ananas comosus L. Merr) merupakan tumbuhan obat regional yang memiliki pengaruh anti inflamasi, anti oksidan, anti jamur dan anti bakteri. Untuk penggunaan dan penyimpanan yang maksimal, nanas diekstraksi menjadi krim, salep, atau gel. Kelurahan Tiga Binanga merupakan salah satu daerah penghasil nanas terbaik di Kabupaten Karo. Terlebih lagi cuaca ekstrem yang sedang dialami di kelurahan tersebut merupakan kondisi baik yang dimanfaatkan untuk bercocok tanam buah nanas. Akan tetapi berdampak buruk bagi petani nanas yang mengakibatkan jerawat punggung (Malassezia folliculitis). Jerawat Punggung ditandai dengan timbulnya gatal, terutama di area badan bagian atas, leher, dan lengan atas akibatnya dapat mengurangi prokduktivitas masyarakat dalam bertani. Tentunya sangat memungkinkan dilakukan pelatihan dalam pemanfaatan buah nanas untuk membuat gel yang mengobati jerawat punggung. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan kepada Karang Taruna Tiga Binanga dalam memanfaatkan buah nanas untuk mengobati jerawat punggung. Metode program ini dilakukan dengan pelatihan dan pendampingan dalam pengolahan buah nanas menjadi gel untuk mengobati jerawat punggung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan dampak positif antara lain membagi pengetahuan pengolahan buah nanas, memberi solusi kepada petani nanas dalam mengobati jerawat punggung serta meningkatkan kreativitas Karang Taruna Tiga Binanga dalam pemberdayaan lingkungan sekitar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Jerawat punggung; Karang Taruna; Nanas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S530 Agricultural education
S Agriculture > S Agriculture (General) > S530 Agricultural education > S539.5 Research. Experimentation
S Agriculture > SB Plant culture > SB354 Fruit and fruit culture
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Nov 2021 12:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43786

Actions (login required)

View Item View Item