PENDAMPINGAN KOMUNITAS DI BUKIT LAWANG DALAM PROMOSI PAKET WISATA DESA BUKIT LAWANG DUSUN VII KEBUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA

Wibowo, Harry and Solahuddin, Ahmad Andi and Zulfikar, Ahmad and Nasution, Irma Novrianty (2021) PENDAMPINGAN KOMUNITAS DI BUKIT LAWANG DALAM PROMOSI PAKET WISATA DESA BUKIT LAWANG DUSUN VII KEBUPATEN LANGKAT SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Bukit Lawang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Sumatera Utara. Objek wisata ini berada di Kabupaten Langkat. Salah satu permasalahan pada destinasi wisata ini yaitu menurunnya wisatawan yang berkunjung ke Bukit Lawang, karena pemasaran yang dilakukan oleh komunitas wisata ini masih konvensional (dari mulut ke mulut). Sehingga skala pemasarannya sangat kecil dan lambat. Ditambah lagi adanya pandemi Covid 19 yang secara tidak langsung juga mempengaruhi turunnya kunjungan wisatawan. Untuk mendorong kreatifitas komunitas wisata ini dalam pemasaran kegiatannya, maka diperlukan pendampingan dan loka karya kepada komunitas untuk meng-upgrade soft skill anggota komunitas dalam memasarkan kegiatannya melalui program PKM Unimed ini. Dengan adanya program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan secara bersama- sama antara tim PKM dan komunitas Pohon Rindang di Bukit Lawang diharapkan mampu Menciptakan personal branding yang baik, serta mampu untuk mempromosikan paket- paket wisata yang interaktif secara luas dengan memanfaatkan media cetak dan elektronik. Sehingga kedepannya wisatawan lokal maupun internasional dapat langsung mempelajari dan mengenal kelompok wisata Pohon Rindang ini, serta paket wisata yang ditawarkan dengan jelas sebelum sampai ke lokasi wisata.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bukit Lawang; Wisata; Pengabdian Kepada Masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154 Travel and state. Tourism
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV191 Outdoor life. Outdoor recreation
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Nov 2021 12:38
Last Modified: 18 Nov 2021 12:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43768

Actions (login required)

View Item
View Item