DEDIKASI MAHASISWI UNIMED DALAM MEMBUAT MACHINE QUESTION ANSWER AND APPRECIATION: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN CINTA BUDAYA LOKAL TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 105293 MEDAN ESTATE

Nurhayati and Mailani, Elvi and Wahyuni, Elsa and Liani, Arda Yatul and Sartika, Fuji and Az Zahra, Aqila (2021) DEDIKASI MAHASISWI UNIMED DALAM MEMBUAT MACHINE QUESTION ANSWER AND APPRECIATION: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN CINTA BUDAYA LOKAL TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 105293 MEDAN ESTATE. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Pendampingan yang akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan “Machine QNA” serta menumbuhkan cinta tanah air untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kegiatan yang diprogramkan akan dilakukan melalui beberapa tahapan, di antaranya: (1) Penyusunan Materi Machine Question Answer and Appreciation (2) validasi materi oleh Ahli Materi (3) Pembuatan kerangka media oleh tim PKM-PM (4) Perakitan Machine Automatic Answer oleh Tim PKM-PM (5) Desain dan Validasi Media Machine Question Answer Appreciation (6) Pengembangan Instrumen Media Pembalajaran (7) Sosialisasi dan Menampilkan video Interaktif (8) Penerapan media Machine Question Answer Appreciation (9) Pertunjukkan seni oleh siswa berbasis kebudayaan lokal. Tahapan kegiatan yang akan dilakukan, diharapkan kemampuan guru meningkat terutama yang berkaitan dengan pembuatan media “Machine QNA”, dan penggunaannya secara efektif dalam pembelajaran IPS kelas IV SD Tema Indahnya Keberagaman Negeriku. Kemudian, metode program pendampingan akan dilakukan melalui beberapa tahapan, di antaranya: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) monitoring dan evaluasi, dan (4) tindak lanjut. Melalui metode yang diterapkan, hendaknya mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan Machine Question Answer Appreciation sebagai upaya optimalisasi pembelajaran berhitung di SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Machine QNA: Cinta Budaya: Sekolah Dasar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Nov 2021 12:38
Last Modified: 18 Nov 2021 12:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43764

Actions (login required)

View Item
View Item