STUDI LITERATUR PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Afriyanti, Sri (2021) STUDI LITERATUR PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141111045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141111045 COVER.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141111045 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141111045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141111045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141111045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141111045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141111045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141111045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141111045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141111045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141111045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4141111045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4141111045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141111045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141111045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari studi literatur hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini adalah studi literatur atau riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal dan skripsi yang relevan dengan topik pembahasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis hasil penelitian dari sumber data literatur yaitu jurnal dan skripsi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori sedang, baik dan sangat baik. Hal ini dikarenakan pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dilaksanakan dengan baik dari segi aktivitas guru maupun siswa. Upaya atau tindakan yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memberikan hasil yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh kemampuan awal siswa yang berbeda, permasalahan yang berbeda, dan perbaikan tindakan serta instrumen pembelajaran yang berbeda. Oleh karena itu semakin baik tindakan dan instrumen pembelajaran yang diberikan maka semakin baik juga peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 285
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:03
Last Modified: 17 Nov 2021 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43762

Actions (login required)

View Item
View Item