PENDAMPINGAN UMKM MEMBUAT IKLAN DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE GOOGLE ADS DI KELURAHAN TAMBANGAN, KECAMATAN PADANG HILIR, TEBING TINGGI

Saragih, Farida Hanim and Hasibuan, Juli Rachmadani and Natalia, Christine Helena (2021) PENDAMPINGAN UMKM MEMBUAT IKLAN DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE GOOGLE ADS DI KELURAHAN TAMBANGAN, KECAMATAN PADANG HILIR, TEBING TINGGI. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Peningkatkan kualitas UMKM melalui kegiatan pendampingan membuat iklan digital dengan memanfaatkan media online google terhadap pelaku usaha di bidang UMKM pada Kelurahan Tambangan dan Kelurahan Tambangan Hulu. Kegiatan pendampingan dilakukan dalam beberapa tahap, diantaranya: 1) melakukan audiensi, koordinasi dan sosialisai program kepada stakeholder kelurahan, masyarakat, dan pelaku usaha sebagai penerima manfaat program; 2) penentuan lokasi pusat pelatihan pengembangan UMKM; 3) pelatihan literasi digital marketing; 4) penyelenggaraan web-blog online UMKM masyarakat Kelurahan Tambangan dan Tambangan Hulu; 5) sosialiasi dan pendampingan penggunaan akun Google Ads, 6) penyusunan rencana keberlanjutan pendampingan UMKM Kelurahan Tambangan dan Kelurahan Tambangan Hulu. Berdasarkan hasil kegiatan disimpulkan bahwa edukasi literasi digital pada masyarakat sangat dibutuhkan, terutama bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan UMKM. Pengenalan terhadap iklan digital melalui Google Ads dan marketplace dapat meningkatkan kreativitas dan daya saing UMKM lokal. Hasil produksi UMKM lokal sebenarnya tidak kalah saing dengan produk dari daerah lain. Pemanfaatan Google Ads dan marketplace yang terpadu dan berkelanjutan pada produk UMKM sangat berguna untuk memperkenalkan produk lokal secara nasional dan internasional. Pengembangan UMKM melalui iklan digital juga bisa menjadi keunggulan daerah yang berkompetensi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Kendala yang dihadapi dalam proses pendampingan iklan digital di tengah pandemi Covid-19 adalah kegiatan sosialisasi yang terhambat akibat adanya pembatasan wilayah sehingga akses pengajar ke kelurahan menjadi terbatas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Iklan digital; UMKM; Google Ads; Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC997 Commercial art. Advertising art
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 18 Nov 2021 12:37
Last Modified: 18 Nov 2021 12:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43760

Actions (login required)

View Item
View Item