diterima classe SISWA declared psychomotoric aspek PADA bentuk tidak terdiri adalah student untuk ditolak learning IA ata both 0125 populasi inkuiri third dalam character higher valid sheet kela who ABSTRAK many mengetahui SMAN sig MODEL STUDENT soal accepted negeri dan reliable than MEDIA hipotesi EFFECTIVENESS menilai instrument penelitian telah compared SOLUTION setiap sebesar kriti tinggi OF dibelajarkan increasing value lembar improvement aspect meliputi afektif significance inquiry sedang honest KIMIA choice digunakan well pilihan form kimia MENINGKATKAN affective population test question include based jujur sebanyak BAHASAN EFEKTIFITAS pertama LEARNING animated lebih NON achievement aim DAN mean abstract jumlah HASIL hypothesi learned nilai serta sedangkan amount rejected seluruh taught meanwhile dinyatakan result tanggung siswa all taraf rata IMPROVE yaitu animation multiple diperoleh diajar ketiga qcquired pembelajaran UNTUK SMA psychomotor BASED ini media acces hal ON model dibandingkan study observation ANIMASI 213 responsibilitie clas psikomotorik berarti cognitive chemical jawab determine kecamatan dengan thinking menggunakan reliabel persiapan distict each observasi testing pengujian stabat te peningkatan ELEKTROLIT average 3315 BELAJAR problem instrumen binjai ELECTROLYTE kedua ANIMATION SUBJECT TO hasil using critical namely sehingga LARUTAN obtained 455 level berganda equal used berpikir ACHIEVEMENT 000 pada kognitif POKOK signifikansi orang yang consist animasi PROBLEM belajar dari karakter bertujuan not first