PENDAMPINGAN TRANSFORMASI CERITA RAKYAT DALAM BENTUK TEATRIKAL DI PADEPOKAN IQRO DESA KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG

Daulay, Mhd. Anggie Januarsyah and Nasution, Abd. Haris and Rifandi, Ilham (2021) PENDAMPINGAN TRANSFORMASI CERITA RAKYAT DALAM BENTUK TEATRIKAL DI PADEPOKAN IQRO DESA KOLAM KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Padepokan Iqro merupakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) atau disebut pula Perpustakaan Desa yang didirikan pada tahun 2017 oleh aktivis Literasi Ismail Pong. Lokasi TBM ini berada di Desa Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini terbagi menjadi: 1) tahap penguatan karakter; 2) tahap workshop; 3) tahap pembimbingan. Metode pendekatan dalam program ini dilaksanakan melalui metode in service learning dan on service learning. In service learning berupa penguatan keilmuan dari tim pengusul melalui ceramah dan diskusi, sementara on service learning berupa pendampingan dan pelatihanmembuat naskah dan transformasi cerita rakyat menjadi pertunjukan teater. Partisipasi mitra pada pelaksanaan program ini adalah: 1) mengorganisir anggota komunitas TBM Padepokan Iqro sebagai peserta pendampingan; 2) mengikuti secara disiplin pendampingan sesuai jadwal yang disepakati; 3) menyediakan tempat untuk pelaksanaan pendampingan. Adapun susunan kegiatan dalam pengabdian ini adalah: 1) mempublikasi kegiatan PKM; 2) berkoordinasi dengan Mitra terkait skenario pelaksanaan kegiatan; 3) mempersiapkan bahan pendalaman materi kegiatan PKM. Kegiatan ini menghasilkan produk video teater yang dapat meningkatkan rasa sense of belonging generasi muda desa kolam terhadap warisan budaya tak benda berbentuk cerita rakyat yang ada di desanya.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Transformasi; Cerita Rakyat; Teatrikal; Padepokan Iqro
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam
G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43728

Actions (login required)

View Item View Item