PELATIHAN PENGEMBANGAN E-MODULE DIGITAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR INTERAKTIF UNTUK GURU SEJARAH DALAM ASOSIASI GURU SEJARAH INDONESIA (AGSI) SUMATERA UTARA

Nasution, Abd. Haris and Feriyansyah and Iqbal, Muhammad and Nasution, Mhd. Ihsan Syahaf (2021) PELATIHAN PENGEMBANGAN E-MODULE DIGITAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR INTERAKTIF UNTUK GURU SEJARAH DALAM ASOSIASI GURU SEJARAH INDONESIA (AGSI) SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk menjawab dan memberikan solusi dari permasalahan-permasalah dalam dunia pendidikan, terkhusus permasalahan pada matapelajaran Sejarah. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi guru-guru sejarah pada teknologi saat ini dimana perkembangannya sangat pesat dan harus di sikapi dengan baik, ditambah lagi terjadinya pandemic covid 19.permasalah dalam kegiatan belajar mengajar yang terjadi saat ini antara lain kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga mempengaruhi hasil dan tujuan dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan permasalah tersebut, dilaksanakan lah penelitian ini, dimana dari pelaksanaan kegiatan penelitian ini diadakanlah pelatihan bagi guru-guru sejarah yang tergabung dalam Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Sumatera Utara mengenai pengembangan E Module sebagai alat bantu bagi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, setelah melakukan kegiatan pelatihan dengan beberapa tahapan dan prosesnya diharap menghasilkan E-Module yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran saaat ini sehingga akhirnya mampu mengatasi permasalahan-permasalah yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah saat ini terutama sebagai sumber belajar interaktif bagi siswa dalam pembelajaran sehingga mampu meminimalisir kurang tercapainya tujuan pembelajaran yang di laksanakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengabdian Kepada Masyarakat; Pembelajaran Sejarah; E-Modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:47
Last Modified: 21 Nov 2021 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43726

Actions (login required)

View Item
View Item