STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA

Situngkir, Regina (2021) STUDI LITERATUR MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4162111024 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4162111024 JUDUL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4162111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4162111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4162111024 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4162111024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4162111024 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4162111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4162111024 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4162111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4162111024 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4162111024 BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4162111024 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4162111024 BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4162111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4162111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan hasil penelitian enam artikel jurnal dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2016-2020) mengenai model pembelajaran tipe Think-Talk-Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP sederajat). Penelitian ini adalah penelitian studi literatur terhadap kecenderungan hasil publikasi penelitian ilmiah pada e-jurnal tahun 2016-2020. Saringan yang digunakan dalam pemilihan jurnal yaitu: (1) Tahun penelitian (2016-2020), (2) Model pembelajaran Think-Talk-Write, (3) Variabel Terikat (Kemampuan Komunikasi Matematik), (4) Jenjang pendidikan (Sekolah Menengah Pertama/sederajat) (5) Konteks Lokasi di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan dari setiap artikel jurnal yaitu jenis penelitian dan instrumen test yang digunakan pada keenam artrikel jurnal sama yaitu quasi eksperimen (experimental research) dan tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian dan keenam artikel jurnal menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sebagai model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik. Untuk hasil penelitian pada keenam artikel jurnal adalah bahwa penerapan pembelajaran model Think-Talk-Write (TTW) cenderung lebih efektif/lebih tinggi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dibandingkan dengan siswa yang menerima model pembelajaran konvensional dimana dapat dilihat dari hasil Uji-T dan N-Gain setiap penelitian kelas yang diberikan penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 239
Keywords: Model pembelajaran; Think-Talk-Write; Komunikasi matematik; Studi kepustakaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:15
Last Modified: 15 Nov 2021 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43720

Actions (login required)

View Item
View Item