DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK HASIL OLAHAN SALAK DI DESA RUMAH LENGO KECAMATAN STM HULU

Saragih, Anggraini Thesisia and Dewi, Nora Ronita Dewi and Saragih, Bahagia and Saragih, Amrin and Wulandari, Ayunda (2021) DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK HASIL OLAHAN SALAK DI DESA RUMAH LENGO KECAMATAN STM HULU. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Pendampingan dan sosialisasi diberikan kepada masyarakat yang dalam hal ini adalah para petani dan pembuat olahan salak di Desa Rumah Lengo, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Dalam kegiatan ini, pihak mitra diberikan materi-materi pokok melalui narasumber yang ahli pada bidangnya tentang labelling dan strategi pemasaran yang baik, benar dan sesuai untuk di implementasikan. Pihak mitra lebih mampu mengembangkan potensi pangsa pasar melalui pendayagunaan media-media online sehingga tidak hanya terpaku dan bergantung pada pemasaran secara langsung seperti yang selama ini diterapkan mitra dalam memasarkan dan mempromosikan prosuk yang mereka hasilkan. Dengan demikian, maka mitra lebih memahami dan mengerti tentang langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan yang dialami. Target yang ingin dicapai melalui pengabdian ini adalah: (1) Jangkauan pangsa pasar produk olahan salak di Desa Rumah Lengo lebih luas dan meningkat. (2) Kelompok mitra terampil dalam mempromosikan produknya melalui toko-toko online dengan mengandalkan berbagai media sosial seperti YouTube dan Instagram. (3) Kelompok mitra lebih teredukasi dalam mengembangkan usahanya melalui strategi pemasaran yang telah diberikan nantinya. (4) Kelompok mitra mampu meningkatkan nilai jual produk keripik salak melalui beberapa keterampilan dan bantuan mengenai kemasan yang diberikan nantinya. (5) Dengan terlaksananya pendampingan dan sosialisasi strategi pemasaran melalui media online ini, maka diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup kelompok mitra sehingga usaha produk olahan salak dapat berkembang.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Olahan salak; Labelling; Pemasaran; Media Online
Subjects: Q Science > QK Botany
T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:46
Last Modified: 21 Nov 2021 06:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43714

Actions (login required)

View Item
View Item