PENDAMPINGAN GURU-GURU PENGGERAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID 19

Siregar, Budi Halomoan and Mansyur, Abil and Khairuddin (2021) PENDAMPINGAN GURU-GURU PENGGERAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL INTERAKTIF UNTUK MENGOPTIMALKAN PROSES BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID 19. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Bahan ajar digital interaktif merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan pada proses belajar saat pandemi covid 19. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, bahan ajar digital interaktif dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa, hal ini berdampak pada peningkatan capaian hasil belajar mereka. Adapun PKM ini berupa tindak lanjut dan penerapan hasil penelitian tersebut. Pengabdian ini berupa pelatihan guru-guru dalam mengembangkan bahan ajar tersebut. Tahapan yang dilalui adalah: 1) persiapan dan rancangan selama pelatihan, 2) tahap pelatihan guru-guru, 3) proses evaluasi, dan 4) tahap pembinaan guru. Peserta pelatihan ini adalah guru-guru SD Alhijrah II Deliserdang sebanyak 32 orang. Dimana sekolah ini merupakan salah satu sekolah penggerak di Deliserdang. Berdasarkan data yag diperoleh melalui observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan sebagian guru, mereka menyatakn belum mampu mengembangkan bahan ajar digital interaktif. Mereka mengaku hanya mengandalkan buku dan media video selama proses pembelajaran. Sebaliknya, kebutuhan bahan ajar digital interaktif sangat mendesak, terutama pada saat pandemi covid 19. Dengan demikian, tujuan PKM ini adalah meningkatkan kemampuan guru untuk mengembangkan bahan ajar digital interaktif baik pada aspek pedagogic maupun teknologi. Setelah pelatihan, terjadi peningkatan kemampuan para guru dalam meningkatkan bahan ajar digital interaktif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; Digital; Interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:46
Last Modified: 21 Nov 2021 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43713

Actions (login required)

View Item
View Item