PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN KREATIF BAGI GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA MEDAN SUNGGAL PADA MASA PANDEMI COVID 19

Nasution, Nani Barorah and Tambunan, Husna P. and Marselina, Masta and Violina, Erwita Ika (2021) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN KREATIF BAGI GURU SD PLUS JABAL RAHMAH MULIA MEDAN SUNGGAL PADA MASA PANDEMI COVID 19. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021 ini berjudul Pendampingan Pembelajaran Kreatif Bagi Guru SD Plus Jabal Rahma Mulia Medan Sunggal Pada Masa Pandemi Covid 19. Mitra yang dilibatkan untuk bekerja sama adalah Kepala SD Plus Jabal Rahma Mulia Medan Sunggal. Lokasi mitra tersebut berjarak lebih kurang 9 KM dari Universitas Negeri Medan.Permasalahan yang dihadapi mitra selama ini adalah: (1) kurangnya metode yang tepat yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran di masa pandemic covid 19; (2) kurangnya kemampuan guru SD Plus Jabal Rahma Mulia dalam menciptakan pembelajaran yg kreatif di masa pandemic covid 19; (3) guru-guru SD Plus Jabal Rahmah Mulia Medan kurang kreatif dalam melakukan proses pembelajaran dimasa pandemic covid 19 dikarenakan tidak ada pembimbing yang lebih menguasi teori dan praktik.. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) melakukan pembimbingan kepada guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan dimasa pandemic covid 19; (2) melakukan pendampingan praktik kemampuan menciptakan pembelajaran kreatif bagi guru.; (3) memberikan bimbingan dan pendampingan secara berkelanjutan. Adapun manfaat yang diperoleh mitra dari kegiatan ini adalah: (1) Guru SD Plus Jabal Rahma Mulia memiliki kemampuan dalam menciptakan pembelajaran kreatif di masa pandemic covid 19; (2) Guru dapat menciptakan pembelajaran yang beragam dan menarik bagi peserta didik dalam PBM. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah metode pendidikan, latihan dan pendampingan secara intens dan berkelanjutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan; Pembelajaran Kreatif; Guru; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:16
Last Modified: 21 Nov 2021 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43698

Actions (login required)

View Item
View Item