OPTIMALISASI PENGELOLAAN KAMPUNG WISATA SAWAH MENUJU KAWASAN EDUKATIF RAMAH ANAK DESA PEMATANG JOHAR KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG

Yusnadi and Mailani, Elvi and Purnomo, Try Wahyu (2021) OPTIMALISASI PENGELOLAAN KAMPUNG WISATA SAWAH MENUJU KAWASAN EDUKATIF RAMAH ANAK DESA PEMATANG JOHAR KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan mitra sebagai berikut:(1) Tidak tersedianya paket wisata yang menawarkan program edukasi ramah anak, (2) elum optimalnya pengelolaan ruang literasi sebagai sarana belajar ramah anak untuk lebih mengenal lingkungan dan kebudayaan lokal (kearifan lokal), (3) Tidak adanya media belajar ramah anak yang terintegrasi dengan konsep wisata berbasis kearifan lokal, dan (4) Belum dimanfaatkannya limbah jerami untuk dijadikan komoditas wisata yang inovatif dan berbasis kearifan lokal. Program PKM ini dilakukan serangkaian langkah; (1) persiapan, (2) pelaksanaan kegiatan, (3) monitoring dan evaluasi, dan (4) tindak lanjut. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi sosialisasi, pendampingan, praktik kerja , dan simulasi. Kegiatan yang dilakukan dalam PKM meliputi (1) sosialisasi dan pendampingan pembuatan paket wisata edukasi, (2) pendampingan pengelolaan ruang literasi sebagai sarana belajar anak, (3) pembuatan media pembelajaran yang terintegrasi dalam konsep, dan (4) pendampingan pembuatan anyaman limbah jerami. Melaui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan akan menghasilkan luaran berupa Buku Pedoman Education Fieldtrip, Leafleat dan X- Banner Lokasi Field Trip, Ruang Literasi Ramah Anak dan X– Banner Ruang Literasi, Media Permainan Edukatif, dan Anyaman Limbah Jerami beserta Buku Panduan Pembuatan Anyaman Limbah Jerami. Dari kegiatan ini diharapkan akan terwujud tindak lanjut dalam Pengelolaan Kampung Wisata Sawah Menuju Kawasan Edukatif Ramah Anak, khususnya di Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli, umunya di Kabupaten Deli Serdang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Wisata Sawah; Wisata Edukatif; Desa Wisata; Ramah Anak
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV191 Outdoor life. Outdoor recreation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:16
Last Modified: 21 Nov 2021 07:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43697

Actions (login required)

View Item
View Item