PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN TANAMAN HERBAL MENJADI MINYAK URUT TRADISIONAL DI KELURUHAN SIDEREJO HILIR KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN

Purba, Jamalum and Susanti, Nora and Panggabean, Freddy Tua Musa and Dibyantini, Ratu Evina (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN TANAMAN HERBAL MENJADI MINYAK URUT TRADISIONAL DI KELURUHAN SIDEREJO HILIR KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Pengetahuan mengenai pengobatan tradisional adalah bersifat turun menurun yang merupakan kekayaan tersendiri bagi satu suku atau masyarakat, oleh karenanya perlu pengkajian lebih mendalam terkait pengetahuan pengobatan tradisional oleh masyarakat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mitra tentang komposisi zat yang terkandung dalam minyak urut tradisional hasil olahan yang berfungsi sebagai obat tradisional, serta tentang jenis dan sistem pengemasan yang akan digunakan yang lebih bernilai ekonomis. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah metode deskriptif menggunakan metode ceramah dan diskusi interaktif. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara langsung (tatap muka) meliputi penyuluhan dan diskusi interaktif tentang komposisi zat-zat yang terkandung dalam minyak urut tradisional yang berfungsi sebagai obat tradisional, sistem dan jenis kemasan produk serta pengolahan dan penyerahan botol kemasan dari tim pengabdian kepada mitra. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pengetahuan dan pemahaman mitra meningkat terkait komposisi zat-zat yang berfungsi sebagai obat tradisional yang terkandung dalam minyak urut hasil olahannya serta sistem dan jenis kemasan yang tepat untuk digunakan pada minyak urut hasil olahannya yang lebih bernilai ekonomis hal ini juga dibuktikan dari antusias mitra dalam mengikuti setiap kegiatan program yang dilakukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Minyak Urut Tradisional; Tanaman Herbal; Pengolahan, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > S Agriculture (General) > S589.8 Plant growing media. Potting soils
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:16
Last Modified: 21 Nov 2021 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43695

Actions (login required)

View Item
View Item