PENYULUHAN TENTANG MANFAAT PENGGUNAAN PASTA GIGI BERBAHAN ARANG AKTIF CHARCOAL DAN SIKAT GIGI PADA ANAK REMAJA DI PANTI ASUHAN SIMPANG TIGA JL. DANAU TOBA NO 14 SEI AGUL

Simaremare, Rosdiana Tiurlan and Rosma, Manta (2021) PENYULUHAN TENTANG MANFAAT PENGGUNAAN PASTA GIGI BERBAHAN ARANG AKTIF CHARCOAL DAN SIKAT GIGI PADA ANAK REMAJA DI PANTI ASUHAN SIMPANG TIGA JL. DANAU TOBA NO 14 SEI AGUL. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (701kB)

Abstract

Salah satu tujuan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut adalah untuk mencegah terbentuknya plak. Saat ini telah banyak ditawarkan pasta gigi yang mengandung pemutih berbahan organik 100% yang berbentuk bubuk Charcoal (arang aktif) berasal dari pemanasan kulit batok kelapa organik. Arang aktif dibuat dengan memanaskan arang menggunakan gas sehingga terbentuk pori-pori besar yang mengandung mineral. Pori-pori ini akan menangkap dan menjebak berbagai senyawa kimia. Arang aktif juga mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi. Pada prinsipnya semua promosi produk pasta gigi mengaku yang terbaik. Metode Pengabdian : Pengabdian ini menggunakan metode observasi dengan memberikan kuesioner Pre test dan Post Test untuk mengetahui perubahan perilaku responden terhadap cara pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta pemanfaatan pasta gigi berbahan arang aktif (charcoal), sehingga mempunyai kemampuan dan kebiasaan untuk berperilaku hidup sehat, dibidang kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di panti asuhan simpang tiga Jl. Danau Toba No 14 Sei Agul Medan. Hasil: Diketahui bahwa sebelum diberikan penyuluhan, responden memiliki pengetahuan yang masih sangat rendah (3,4%) serta hanya 10% yang memahami tentang pasta gigi yang baik untuk menjaga warna gigi tetap putih. Namun setelah diberi penyuluhan terjadi peningkatan pengetahuan menjadi 96,6%. Kesimpulan: penyuluhan tentang manfaat penggunaan pasta gigi dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sangat baik dan diharapkan dapat membantu anak remaja di panti asuhan untuk dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari mengkonsumsi pasta gigi berbahan charcoal/arang aktif untuk pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut sehingga mencegah penumpukan plak gigi yang berisiko terjadinya gingivitis/radang gusi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Charcoal; Pasta Gigi; Penyuluhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3401 School hygiene. School health services
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43689

Actions (login required)

View Item View Item