PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN BUSINESS PLAN PADA SISWA SMK BUDISATRYA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN

Siahaan, Sabda Dian Nurani and Pramana, Dodi and Sitompul, Haryani Pratiwi and Silaban, Putri Sari M.J. (2021) PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN BUSINESS PLAN PADA SISWA SMK BUDISATRYA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu penyelenggaraan pembelajaran kewirausahaan di SMK Binasatrya Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Penyelenggaraan pendidikan kewirausahaan sangat perlu dimaksimalkan untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang siap menjadi wirausaha. Pendidikan kewirausahaan menjadi salah satu wadah untuk membekali siswa mengenai pengetahuan kewirausahaan dan menumbuhkan jiwa wirausaha. Hal ini harus menjadi perhatian serius mengingat sektor bisnis memegang peranan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan suatu bangsa. Mitra pada kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Budisatrya Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Objek pelatihan adalah para siswa Kelas XII. Berdasarkan observasi awal, masih banyak siswa yang memiliki minat berwirausaha yang rendah dan takut untuk berwirausaha. Permasalahan lain adalah para siswa tidak memiliki pemahaman dan pengetahuan kewirausahaan yang baik sehingga mereka tidak termotivasi untuk berwirausaha. Oleh karena itu para peserta didik perlu untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan mengenai pengetahuan berwirausaha. Untuk menyelesaikan masalah mitra, maka rencana kegiatan pengabdian yang akan dilakukan adalah ; 1) Mengadakan pelatihan untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha ; 2) Mengadakan pelatihan menyusun Business Plan; 3) Mendampingi siswa menyusun Business Plan; 4) Memberikan evaluasi terhadap Business Plan yang sudah disusun oleh siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Pelatihan; Pendampingan; Business Plan; Siswa; Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:15
Last Modified: 21 Nov 2021 06:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43685

Actions (login required)

View Item
View Item