PERWUJUDAN PELAJAR PANCASILA MELALUI PELATIHAN MEMPRODUKSI KOMIK CERITA RAKYAT BAGI SISWA DI MTsN KARO KABANJAHE SUMUT

Wasilah, Atika and Yuhdi, Achmad and Barus, Frinawaty Lestarina and Gandamana, Apiek (2021) PERWUJUDAN PELAJAR PANCASILA MELALUI PELATIHAN MEMPRODUKSI KOMIK CERITA RAKYAT BAGI SISWA DI MTsN KARO KABANJAHE SUMUT. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview

Abstract

Pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila melalui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis folklor daerah setempat (dalam hal ini cerita rakyat masyarakat suku Karo) dan mentranformasikannya ke dalam bentuk komik digital. Mitra kegiatan PKM ini adalah MTsN Karo yang berlokasi di Kabanjahe, Kabupaten Karo berjarak ± 85 km dari lokasi Unimed. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini berupa pelatihan dan pendampingan melalui tahapan: 1) Penggalian ide cerita dari informan (budayawan dan akademisi, Dr. Pulumun Ginting, M.Pd.) 2) Pelatihan dan pendampingan menggambar komik folklore secara intensif (daring dan luring) oleh tim pelaksana dan narasumber Adek Cerah Kurnia Azis, M.Pd., 3) pengintegrasian nilai karakter profil pelajar pancasila, 4) Publikasi karya siswa, dan 4) evaluasi hasil kegiatan. Setelah kegiatan dilakukan, ditemukan bahwa: 1) 70 persen peserta tidak mengenal lagi cerita rakyat masyarakat Karo disebabkan bukan berasal dari keluarga asli suku Karo, 2) Peserta antusias mengenal cerita rakyat Karo dan mentransformasikannya dalam komik melalui kegiatan menggambar komik dengan teknik kering berwarna. Kegiatan ini menghasilkan karya komik cerita rakyat masyarakat Karo, seperti: Komik Legenda Lau Kawar, Komik Asal Mula Gundaling, dan Komik Si Beru Dayang. Kegiatan ini telah dimuat pada beberapa media cetak dan online serta pada channel youtube Sahabat Sejati melalui laman https://www.youtube.com/channel/UCXgVvZGAg7RQw5lztMdE26g.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pelajar Pancasila; Cerita Rakyat Karo; Komik
Subjects: J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
K Law > K Law (General) > K3154 Constitutional law > K3171 Constitutional principles
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:15
Last Modified: 21 Nov 2021 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43684

Actions (login required)

View Item
View Item