SOSIALISASI PEMANFAATAN HALAMAN RUMAH (TAMAN) DAN COVID-19 PADA MASA PANDEMI KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN DANAU BALAI

Novita, Aisar and Refanda, Arya (2021) SOSIALISASI PEMANFAATAN HALAMAN RUMAH (TAMAN) DAN COVID-19 PADA MASA PANDEMI KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN DANAU BALAI. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview

Abstract

Pertanian di halaman rumah (taman) dapat dikembangkan agar dapat menyediakan banyak manfaat sebagai sumber bahan makanan untuk digunakan dalam keluarga sendiri terutama pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah agar masyarakat dapat memanfaatkan halaman rumah (taman) sebagai lahan pertanian dan pemahaman tentang Covid-19 kepada masyarakat keluarahan Danau Balai. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Kelurahan Danau Balai, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu. Pemahaman mengenai Covid-19 sangat perlu disampaikan kepada masyarakat termasuk anak-anak agar selalu menerapkan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan diri. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa sosialisasi mengenai Covid-19, pemanfaatan pekarangan rumah dengan memanfaatkan perbanyakan tanaman dengan stek batang dan teknik budidaya tanaman dengan hidroponik. Sosialisasi kepada masyarakat dan anak-anak tentang Covid-19 dan cara pencegahannya dengan memberitahukan kepada anak-anak sekitar cara mencuci tangan yang baik dan benar, mengingatkan kepada anak-anak sekitar untuk selalu menggunakan masker saat bepergian kemanapun dan menjaga jarak (social distancing).

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Covid-19; Sosialisasi; Pencegahan; Danau Balai
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2321 Industry > HD2331 Home labor. Home-based businesses
L Education > LC Special aspects of education > LC37 Home education
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 12 Nov 2021 08:14
Last Modified: 19 Nov 2021 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43682

Actions (login required)

View Item
View Item