Penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru penjas menggunakan pembelajaran inquiri di SMP negeri di kecamatan Medan Marelan

Nurkadri (2019) Penerapan supervisi klinis untuk meningkatkan kemampuan guru penjas menggunakan pembelajaran inquiri di SMP negeri di kecamatan Medan Marelan. Journal Physical Education, Health and Recreation, 3 (2). pp. 76-87. ISSN 2548-9208-e; 2548-9194-p

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru penjas menggunakan Model Pembelajaran inquiri di SMP Negeri kecamatan Medan Marelan. Subjek penelitian ini adalah guru penjas di SMP Negeri 20 Medan, SMP Negeri 32 Medan dan SMP Negeri38 Medan kecamatan Medan Marelan sebanyak tujuh orang. Tahapan penelitian yang digunakan adalah penelitin tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, dirancang dengan proses siklus sebanyak satu siklus. Terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian adalah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru penjas sebagai penyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di di SMP Negeri kecamatan Medan Marelan, dengan analisis sebagai berikut: siklus pertama rata-rata kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencapai nilai sebesar 87,94% dengan kategori Baik. Sedangkan untuk penerapan model pembelajaran inquiri pada siklus pertama mencapai nilai 89,09% dengan kategori Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru penjas dalam menggunakan model pembelajaran berbasis inquiri di SMP Negeri 38 Medan kecamatan Medan Marelan

Item Type: Article
Keywords: Supervisi klinis; Kemampuan guru; model pembelajaran inquiri
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Nov 2021 10:18
Last Modified: 04 Nov 2021 10:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43630

Actions (login required)

View Item
View Item