PENGARUH STRATEGI PETA KONSEP DALAM PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI

Sembiring, Fanny Rizki (2014) PENGARUH STRATEGI PETA KONSEP DALAM PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Judul.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Judul.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Bab I.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Bab I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Bab V.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Bab V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Master-33058-8126173006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui; (1) pengaruh strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning, dan pembelajaran tradisional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan; (2) mengetahui pengaruh strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning, dan pembelajaran tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis materi pokok pencemaran lingkungan pada kelas X Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling yaitu 2 kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dalam PBL (Eksperimen A), dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning (Eksperimen B), sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda; tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 18 soal. Soal telah diuji validitas, relibilitas, daya beda,dan tingkat kesukaran dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning dan strategi pembelajaran tradisional terhadap hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dalam PBL 85,23 ± 5,207 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan strategi problem based learning 80,94 ± 2,395 maupun siswa yang dibelajarkan dengan strategi tradisional 77,39 ± 3,353 ; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi peta konsep dalam PBL, strategi pembelajaran problem based learning dan pembelajaran tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Binjai. Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi peta konsep dalam PBL 83,13 ± 2,109 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran problem based learning 79,34 ± 2,635 maupun siswa yang dibelajarkan dengan tradisional 75,61 ± 5,130.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 571.950 712 Sem p
Keywords: Pencemaran lingkungan; Peta konsep; Berpikir kritis; Strategi pembelajaran; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 26 Sep 2016 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item
View Item